Kembung saat hamil

Bookmark and Share
Kembung saat hamil disebabkan oleh beberapa hal. Yaitu karena meningkatnya hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan. Meningkatnya hormon tersebut menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat dan itu menyebabkan proses produksi makanan dan juga gas memakan waktu yang lebih lama. Dan itulah yang menyebabkan juga perut terasa penuh dan kembung.

Kembung saat hamil
Kembung saat hamil

Makanan yang dihindari dan cara mengatasi kembung saat hamil

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang faktor yang menyebabkan perut terasa penuh dan juga kembung, ada banyak makanan yang dianjurkan untuk dihindari agar perut Anda tidak mengalami kembung berkelanjutan. Jika Anda sudah merasa perut kembung menyerang Anda, ada beberapa tip saat hamil yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kembung tersebut.

Apel, kubis, dan juga kacang merupakan sayuran dan buahan yang banyak mengandung gas. Hal ini tentunya bisa menambah gas dalam perut Anda sehingga Anda akan lebih mudah merasakan perut kembung. Walaupun memang sayuran dan buahan tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan Anda, namun sebaiknya menghindari makanan ini karena terlalu banyak mengandung gas.

Kemudian makanan yang digoreng juga perlu untuk dihindari. Makanan yang digoreng memilikki potensi besar menghasilkan masalah pada lambung Anda karena terlalu banyak mengandung lemak. Daging juga merupakan makanan yang banyak mengandung lemak. Maka dari itu, pada saat kehamilan sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan goreng.

Apa yang sebaiknya dilakukan jika Anda sudah terserang perut kembung? Sebaiknya mulai membiasakan diri berolahraga secara teratur. Seperti misalnya jalan kaki secara turin. Jalan kaki dapat membantu menyehatkan tubuh dan juga membantu mengeluarkan gas dari tubuh. Mengurangi porsi makan yang banyak. Makan sedikit namun dilakukan dengan sering pada setiap harinya.

Dalam mengunyah makanan juga harus dikunyah secara teratur dan juga jangan berbicara pada saat makan. Menggunakan pakaian yang tidak ketat pada saat hamil, agar gas dalam tubuh dapat berjalan lancar. Kembung saat hamil bisa dihindari dengan meminimalkan mengkonsumsi minuman bersoda, atau sayuran dan buahan yang sudah disebutkan diatas.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar