Hari Ini Jemaat Naqsabandiah Mulai Puasa

Bookmark and Share
Hari Ini Jemaat Naqsabandiah Mulai Puasa
Hari Ini Jemaat Naqsabandiah Mulai Puasa - Jemaat Tarekat Naqsabandiah di Kota Padang dan sejumlah daerah di Sumatera Barat mulai menjalani ibadah Puasa Ramadhan Hari ini. Kemarin, mereka sudah memulia shalat Tarawih bersama di sejumlah Surau atau Mushola.

Guru Tarekat Naqsabandiah Surau Baru Padang, Zahar mengatakan, penetapan 1 Ramadhan ini sesuai dengan pengamatan bulan atau rukyat sebanyak tiga kali selama bulan Sa’ban. Selain itu, penetapan awal ibadah Puasa ini juga berdasarkan metode Hisab Munjid yang diajarkan Syeh Haji Muhammad Tayib sejak 1906 silam.

"Penetapan juga dilakukan dengan rapat bersama penghitungan kalender hisab munjid. Dalam kalender itu jumlah hari hanya ada 29 atau 30 hari. Kalau pada penghitungan sebanyak 360 hari, maka awal puasa tepatnya pada 7 Juli 2013. Jemaah melakukan shalat Tarawih pada Sabtu 6 Juli malam sekitar pukul 20.00 WIB. Metode tersebut dilakukan turun temurun dan didapatkan dari Mekkah."

Di Kota Padang, pengikut Tarekat Naqsabandiah tersebar di sebagian daerah di kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung, Koto tangah dan Kuranji. Sementara itu, jamaah Naqsabandiah juga bisa ditemui di Kabupaten Pasaman, Solok Selatan, Pariaman dan Pesisir Selatan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar