Berenang saat hamil

Bookmark and Share
Berenang saat hamil mungkin dipertanyakan oleh sebagian besar orang. Apakah tidak beresiko? Apakah tidak apa-apa jika saat hamil berenang? Berenang memang menjadi olahraga yang menyenangkan dan tidak jarang para ibu hamil yang tetap ingin melakukan olahraga tersebut walaupun dirinya sedang hamil. Dan ternyata, berenang pada saat hamil memberikan beberapa manfaat yang positif.

Berenang saat hamil
Berenang saat hamil

Hal yang diperhatikan bila berenang saat hamil

Berenang saat hamil mungkin sedikit berbeda dibanding berenang pada saat keadaan normal. Karena badan kita yang sedang berbadan dua, tidak sembarang gaya berenang bisa dipakai. Saat hamil, jika ingin berenang, bisa berenang dengan gaya punggung, dada, ataupun bebas. Tidak dianjurkan menggunakan gaya kupu-kupu. Karena gaya tersebut menyerap lebih banyak tenaga dan juga lebih banyak gerakan yang dihasilkan.

Mengapa gaya berenang bebas? Karena dengan berenang menggunakan gaya bebas tidak terlalu banyak tenaga yang dibutuhkan pada bagian perut ataupun punggung. Pengaturan napas pada saat berenang gaya bebas juga dapat membantu sang ibu nantinya pada saat proses melahirkan. Maka dari itu, gaya bebas lebih dianjurkan untuk digunakan berenang oleh ibu hamil.

Selain gaya bebas, gaya dada juga bisa dipakai. Gaya dada termasuk gaya berenang dengan teknik yang paling dasar. Sehingga akan lebih mudah dalam penggunaan gaya tersebut. Serta gerakan kaki yang dilakukan pada saat berenang akan membantu mengurangi kaki bengkak akibat peredaran darah yang kurang lancar.

Selain gaya yang diperhatikan, memperhatikan suhu air di kolam juga diperlukan. Jangan berenang jika kondisi air dingin, karena nanti tubuh Anda bisa kaget dan itu akan menyebabkan pilek pada diri Anda. Jangan menceburkan diri langsung dari tepi kolam ke dalam kolam renang. Lakukan secara perlahan dengan turun pelang-pelan ke dalam kolam renang.

Manfaat yang dihasilkan saat ibu hamil berenang adalah dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi jantung dan juga paru-paru karena kegiatan pernafasan yang dilakukan saat berenang. Dan juga dapat membakar kalori dalam tubuh Anda. Berenang saat hamil juga bisa membantu istirahat dan tidur Anda lebih nyenyak dan juga nyaman.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar