Hamil Muda, Stop Ngemil Gorengan!!!

Bookmark and Share

Anda ibu hamil yang hobi mengkonsumsi makanan gorengan? Sebaiknya tahan dulu agar bisa meminimalisasi mual atau muntah yang kerap terjadi, tiap tiga bulan pertama usia kehamilan. Kepala Perawat Anak RSU dr Soetomo Surabaya, Sri Astutik FKM mengatakan, umumnya gejala mual dan muntah muncul karena rangsangan makanan berupa cairan, mengandung banyak minyak, makanan berbumbu t8ajam, terlalu pedas, manis atau asam. “Kalaupun makanan itu harus digoreng, lebih baik setengah matang. Atau lebih baik lagi dibakar, panggang atau ungkep,” katanya.

Dia menyarankan, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan kering. Pasalnya, ketidakseimbangan hormonal pada ibu hamil trimester pertama kerap menimbulkan gejala mual dan muntah, “Makanan kering yang disarankan bisa berupa roti bakar, ikan dan ayam bakar atau panggang, sayur lalap serta buah-buahan,” jelas Tutik.

Meski begitu, ibu hamil tetap memerlukan asupan cairan ke dalam tubuh. Namun harus diperhatikan jumlahnya agar tidak merangsang gejala mual dan muntah. “Jumlah cairan yang dikonsumsi harus sedikit demi sedikit dan setelah makan tunggu sampai minimal 15 menit baru kemudian boleh minum minuman hangat,” katanya. Pada saat trimester pertama, jelas dia, harus menerapkan prinsip gizi seimbang. Sebab periode tersebut merupakan saat-saat yang paling menentukan pembentukan dan perkembangan janin. Gizi-gizi itu meliputi sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran dan buah-buahan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar