Aneka Gangguan Saat Berbadan dua

Bookmark and Share

Menurut dr. Hj. Hasnah Siregar, Sp.OG dari RSAB Harapan Kita Jakarta, untuk mengatasi semua gangguan pada awal-awal kehamilan, selain kontrol kehamilan, usahakan istirahat cukup, gizi baik, dan lingkungan yang tenang, selain support dari keluarga. hamil mudaNah, apa saja gangguan yang sering muncul selama hamil?

MORNING SICKNESS Penyebabnya, peningkatan kadar hormon estrogen dan HCG (human chorignic gonadotrophine) dalam serum darah calon ibu. Tak ada obat yang ampuh untuk menghilangkan rasa mual, namun bisa dicegah dengan menghindari makanan atau sumber penyebab mual.

VARISES Cara mengatasinya, naikkan kaki ke atas sebelum berangkat tidur. Selain itu, dianjurkan untuk mengatur jarak kehamilan (2-3 tahun baru hamil lagi).

DIABETES Ibu hamil pengidap diabetes mesti rajin kontrol dan minum obat untuk menurunkan kadar gula dalam darahnya.

PRE-EKLAMPSIA Ini disebabkan tekanan darah pada ibu hamil. Preeklampsia yang berat (eklampsia) bisa mematikan, bayi mengalami gangguan otak, atau meninggal di dalam kandungan.

SUSAH BUANG AIR BESAR Untuk menghindari sembelit, calon ibu bisa mengonsumsi makanan berserat, sayuran, buah, serta minum 2 - 3 liter sehari. BESER Pada trimester pertama, beser biasanya disebabkan karena tekanan rahim, sementara pada trimester terakhir biasanya karena tertekan kepala bayi. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan olahraga ringan.

KAKI BENGKAK Pencegahannya, cukup dengan mengangkat kaki saat hendak tidur dan hindari banyak berdiri.

SUSAH TIDUR Gangguan tidur pada trimester terakhir biasanya karena calon ibu berdebar-debar menanti kelahiran anak yang semakin dekat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar