Tips Pilih "IKAN SEGAR

Bookmark and Share


Bookmark and Share
ResepmasakanID - Sumber daya laut yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan melimpah.Aneka olahan ikan memang selalu sedap untuk disantap. Mulai dari ikan bandeng, kakap, bawal, nila, hingga baronang. Terlebih lagi, ikan terbukti kaya akan gizi, kalori, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan tubuh kita.
Tips memilih Ikan Segar
Beberapa senyawa yang banyak eksis dalam daging ikan adalah asam amino, asam lemak omega-3, dan zat besi. Kandungan kolesterolnya pun rendah, sehingga mengkonsumsi ikan secara rutin adalah pilihan menu yang menyehatkan. Ikan dapat diolah dengan berbagai cara sesuai selera seperti (dipanggang, dikukus, digoreng, atau sebagai campuran sayur sambal dan sebagainya).
Agar hasil masakan optimal, diperlukan ketelitian dalam memilih ikan yang segar serta bagaimana cara menyimpan ikan tersebut Berikut ini beberapa tipsnya:
§  Pilih yang sisiknya masih utuh, mengkilat, dan tidak kering.
§  Pilih yang insangnya masih berwarna merah segar.
§  Pilih yang matanya bulat jernih dan lembab.
§  Pilih yang dagingnya masih padat, tidak lunak dan kembali seperti semula bila ditekan.
§  Untuk ikan asin atau pindang, pilih yang dagingnya masih kokoh, tidak rapuh, dan tidak berjamur.
Selain proses pemilihan, dalam penyimpanan ikan pun harus berhati-hati agar awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:
§  Simpan dalam tempat yang tertutup, lapisi tutupnya dengan kain lembab dan plastik.
§  Jika disimpan dalam es (tidak dibekukan), akan bertahan selama 2-3 hari.
§  Jika disimpan di dalam suhu kurang dari 18 derajat celcius (beku), akan bertahan selama 3 bulan.
§  Simpan dalam plastik kedap udara sebelum dibekukan dan beri tanggal penyimpanan, supaya ingat kapan terakhir menyimpannya.
§  Simpan dalam keadaan sudah dibersihkan dan sudah diberi bumbu agar lebih tahan lama.
§  Untuk ikan es, sipam dalam plastik yang tertutup rapat. Bila dimasukkan ke dalam lemari es, bungkus dulu dengan kertas roti supaya wangi aslinya tidak mencemari makanan lain yang disimpan di tempat yang sama.(masakanikan.com)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar