Pentingnya Jalan-Jalan saat Hamil Muda

Bookmark and Share

6 Hamil muda seharusnya tidak menghalangi keinginan kita untuk tetap menjalankan rencana liburan yang sebelumnya sudah direncanakan, hanya saja sebaiknya play safe. Kapan sebaiknya bepergian dan sebaiknya memperhatikan kondisi kita masing-masing, yang paling baik pada masa trimester kedua, karena kita sudah mulai menyesuaikan diri dengan situasi baru, kandungan juga sudah lebih kuat dan badan belum berat buat diajak bersenang-senang. Bagaimana dengan masa trimester pertama? Sebaiknya bertanyalah pada dokter yang bersangkutan terutama untuk mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan selama kehamilan, misalnya darah tinggi, diabetes atau masalah kandungan yang lain. Jangan lupa membawa medical record yang kita miliki. Akan lebih baik kalau kita mengenal nama dokter kandungan ditempat tujuan, just in case, kita mengalami masalah dengan kehamilan.

Persiapkan juga segala sesuatu yang biasa kita gunakan selama kehamilan, misalnya vitamin, susu (sebelum sempat membeli ditempat tujuan) atau obat-obatan ringan, misalnya obat flu, obat diare yang perlu dibawa dan telah dikonsultasikan sebelumnya dengan dokter kandungan anda. Sangat dianjurkan untuk memiliki travel insurance. Cek jadwal anda jika anda bepergian dengan kendaraan umum, siapkan kondisi anda jika perjalanan anda mungkin mengalami keterlambatan. Persiapkan barang-barang yang mungkin sering anda gunakan selama perjalanan misalnya obat-obatan, tissue basah atau biskuit ditempat kecil yang terpisah dengan barang bawaan utama anda dan letakkan ditempat yang mudah dijangkau. Pakai selalu seat belt untuk perjalanan dengan mobil atau pesawat udara.

Jika anda harus bermalam dikendaraan, mungkin anda ingin membawa baju hangat atau bantal penyangga leher.Selain itu, pilih tempat liburan yang aman dan relaks untuk anda, jangan lupa dicek apakah ditempat tujuan anda, anda perlu vaksinasi tertentu dan apakah hal tersebut dapat dilakukan selama kehamilan. Untuk kemudahan, pastikan bahwa tempat anda menginap sudah siap misalnya hotel sudah dipesan atau jika tinggal dirumah keluarga, mereka sudah dikabari tentang kedatangan anda. Minumlah selalu air matang dan jangan bersikap terlalu adventurer dengan makanan ditempat tujuan anda, pastikan agar makanan tersebut selalu matang.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar