Jenis Koleksi Binatang Terbaru

Bookmark and Share

Green Iguana Kadal

Nama: Iguana hijau

Nama Latin: Iguana iguana

Negara Asal: Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America. Iguana yang import kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname.Size: Iguana Dewasa bisa mencapai 1.8mtr

Umur: Apabila di pelihara dengan baik bisa mencapai usia 20 tahun..

Catatan: Banyak orang yang berpikir bahwa Iguana adalah hewan untuk pemula dalam pemeliharaan reptile, tapi sebetulnya itu adalah hal yang keliru. Iguana memerlukan penanganan yang serius yang biasanya diluar dari kemampuan pemula. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan yang menyebabkan Iguana mati sebelum dewasa. Dalam memelihara Iguana harus memperhatikan kandang, makanan.

Penampilan Umum: Iguana adalah hewan yang paling sering dikenal sibagai Kadal. Iguana memiliki lima jari di tiap kakinya,memiliki “jengger”. Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda degan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau, semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa,warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya.

Kandang: 2.5 – 3.6 M Panjang x 1.2 – 1.5 lebar x 1.8 m Tinggi. Tempat minum harus disediakan di dalam kandang. Ranting untuk menajat atau pohon juga bisa disedikan di dalam kandang.

Temperature: Iguanas berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat, Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C. sebaiknya di kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu.

Panas dan Pencahayaan: Sinar UV baik untuk menjaga metabolism dan pertumbuhan tulang pada Iguana, Tanpa sinar ultra violet Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian.

Alas: Iguanas sering kali menggunakan lidahnya untuk mengidentasi suatu benda maka alas yang berbahan dari serutan kayu tidak bisa digunakan karena akan menyebabkan tertelannya benda yang ada. Sebagai alas bisa digunakan Kertas koran atau kertas bekas, bisa juga di gunakan sejenis carpet karet atau bisa juga digunakan

Kelembaban: Kelembaban yang disukai adalah 65 % - 75 % . bisa digunakan pengairan yang menggunakan mesin atau pun bisa juga disemprot sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban.

Diet: Iguana adalah binatang pemakan tumbuhan. Sebaiknya untuk memberikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuahn yang terdiri dari 40 - 45 % hijau –hijauan (collard,turnip,mustard,dandelion,escalore dan Cress) , Kemudian 40 – 45% adalah Sayuran (green bean, butternut, kabocha, snap dan atau peas, pasnip, asparagus, okra, alfalfa (yang matang bukan tunas ), onions, mushrooms, bell peppers, sweet potato, zucchini, yellow squash dan carrot ). 5 – 10 % adalah (Blackberris, strawberri, raspberri, grapes, manggo, melon, papaya, banana dan apel.) Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit.

Maintenance: Jagalah agar kandang selalu bersih, alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebnyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci sebelum dan setelah memegang iguana dan atau alat2.nya

Ular African House Snake

Nama: African House Snake
Lamprophis fuliginosus

Keterangan Umum
Ular jenis African House adalah jenis yang mudah dipelihara dan mudah dijinakan. Warna – Warna nya adalah Coklat,Hijau dan Merah dan sedikit bayangan di dalamnya. Ular jenis African House adalah jenis binatang malam,yang biasanya tidur di siang hari. Seperti kebanyakan reptil, Ular jenis African House lamban pada waktu musim dingin,dan tidak memerlukan makan yang yang banyak.
Negara Asal : Africa
Lama Hidup : 15 Tahun Panjang : 0.6 M – 1.8 M
Makanan dan Minum
Ular jenis African House diberi makan dengan Tikus hidup dan Kadal, atau Tikus yang sudah dibekukan, pada saat masih bayi merekan memerlukan makan 2 kali seminggu. Seiring dengan waktu mereka perlu makan labih banyak untuk tumbuh jadi lebih besar.
Dalam masa dewasa pemberian makan hanya diberikan sekali dalam 2 minggu. Didalam kandang harus disediakan tempat untuk minum dan mandi, pastikan penggatian air yang teratur, terutama apabila ada kotoran in dalam tempat air. Temperartur, Pencahayan dan Kelembaban : Temperatur yang diperlukan oleh ular jenis African House adalah 18.3 C sampai 29.4 C, Tingkat kelembaban : 45 % sampai 60 %, pada waktu ganti kulit tinggat kelembaban 70% - 75 %Kandang : Ukuran Minimum : 76.2 cm X 50.8cm X 38.1cmDidalam kandang : Dahan untuk memanjat, Tanah sebagai alas dasar. Tempat Persembunyian, potongan dahan yang besar bisa dipakai.Pastikan membersikan kandang dengan hati hati dan sering, sebelum dibersihkan ular harus di keluarkan dari kandannya untuk memudahkan pembersihannya


Ular Ball Phyton

Nama : Ball Python or Royal Python

Latin name: Python regius

Asal : Afrika tengah dan Bagian Barat Afrika

Ukuran : Seekor Ball Python Dewasa panjangnya bisa mencapai 3 feet s/d 5 feet

Umur Hidup : Ball pythons adalah ular yang paling panjang masa hidupnya, bisa mencapai usia hidup sampai dengan 20 – 30 tahun, Seperti yang ada di kebun binatang Philadelpia mencapai umurnya saat ini adalah 47 Tahun.

Penampilan Umum: Sesuai namanya yang suka sekali menggulung badan membentuk bola dengan menaruh kepalanya ditengah sebagai bentuk suatu pertahanan. Ada banyak motif dan corak yang tersedia pada saat ini. Sedangkan untuk standard ball phyton mempunyai warna coklat dengan warna sedikit terang, dipengaruhi titik hitam, warna bagian perut biasanya berwarna putih atau abu abu sedikit terang.

Tempat Pemeliharaan: ukuran kandang minimum adalah 36cm X 60cm atau sekitar 30 gallon aquariums

Suhu: 80-85 F Siang Hari , 90 – 95 F untuk berjemur, 75 -80 F Pada malam hari.

Pencahayaan : pemberian cahaya tidak diperlukan, hanya saja bila diperlukan gunakan lampu model neon yang panasnya tidak seberapa bila dibanding dengan lampu pijar.

Alas : Koran, adalah yang paling mudah walaupun kurang begitu bagus,sisa serutan kayu juga bisa digunakan sebagai alas, tetapi jangan mengunakan yang dari bahan Pine atau Cedar karena dapat mengganggu kesehatan ular. Pilihan yang paling bagus adalah serutan kayu ASPEN. Apabila menggunakan serutan kayu dianjurkan untuk tidak memberikan makan di taruh diatas alas karena bisa tertelan ular pada waktu makan..

Pakan : BabyBall python diberi makan tikus mencit atau cindil 1 kali seminggu, ball Python Dewasa 2 atau 3 ekor seminggu tikus dewasa. Sebelum memberikan makan harap diperhatikan dulu tikus sudah dimatikan terlebih dahulu untuk menghindari terlukanya ular. Sediakan Air didalam kandang guna untuk memudahkan pergantian kulit dan tempat berendam bagi ular.

Ular Sanca Batik Phyton

Nama: Reticulated Python

Nama Latin: Python reticulatus

 

Ukuran: Dewasa Jantan Panjang, 3.6 mtr – 4.8 mtr, Berat 40 – 100 pound, Dewasa Betina Panjang, 3.6 mtr - 6 mtr, Berat 80 – 250 pound

 

Umur Hidup: 20 Tahun

 

Pemberian Makan: Juvenile bisa diberi tikus kecil, yang besarnya kira kira dua kali lingkaran perut ular sekali seminggu. Dewasa (1.8mtr ) Tikus besar berat 1 pound. Sebagai selingan bisa diberi Kelinci, Hamster atau Ayam. Setelah pemberian makan ular jangan diangkat bisa menyebabkan muntah. Pemberian makan harus dikurangi setelah ular mencapai panjang 12 kaki - 14 kaki, Yaitu dengan 2 s/d 3 minggu sekali, disebabkan masa pertumbuhannya sudah mencapai maksimal.

Kandang: Kadang yang baik adalah yang luas dan bisa memberikan ular ruangan untuk bergerak. Ukuran sekitar 91.45 cm x 243 cm bisa dipakai segaian acuan untuk ukuran ular 6 m

Akesories: kotak persembunyian, tempat minum yang disesuaikan dengan ukuran ular.

Pemanasan: Sediakan tempat berjemur dengan suhu sekitar 33 C

Alas: kertas koran, mudah dan murah dalam pembersihaan.

Penanganan: Sangat disarankan penanganan yang maksimal pada ular apabila ular masih muda, karena aka memudahkan dalam penanganannya sewaktu ular menjadi agak besar dan dewasa.


Leoprad Gecko

Hasil ternakan dari farm kami sendiri
Bagus utk dijadikan satwa peliharaan/pets
Gampang dipelihara dan diternakkan kembali

Caiman Lizard

Sangat…sangat…unik !!!
Hasil ternakan (CB)
Warna merah-orange dikepalanya sangat dominan…
Pada bagian tubuhnya cendrung berwarna kehijauan dengan ekornya yang pipih..
Tubuhnya ditutupi oleh sisik yang cukup lebar dan tebal
Ukuran dewasa berkisar antara 60 - 120 cm
Suka makan bekicot, kerang dan udang
Berasal dari america selatan ( peru, brazil )
Disebut “caiman” karena dari penampilannya mirif dengan
“caiman alligator” dari america selatan.
mungkin ini persilangan antar caiman alligator dengan komodo yach…LOL
Jenis kadal ini sangat kuat , apalagi ekornya bisa mengibas dengan kuat.

PACMAN FROG

Nama: South American Ornate Horned Frog, Pac Man Frog

Nama Latin: Ceratophrys ornata

Asal: Hutan tropical Amerika Selatan

Ukuran: Jantan bisa tumbuh sampai dengan 18Cm, dan betina tumbuh sampai 23 cm.

Umur Hidup: Bisa mencapai 6 tahun, ada yang bisa sampai 12 tahun di dalam penangkaran.

Penampilan Umum: Pac man frogs adalah jenis katak yang besar dan gemuk. Bentuk badannya terdiri dari perut dan mulut yang lebar. Warna badanya biasanya hijau dengan totol merah atau hitam disepanjang punggungnya. Bentuk tubuh betina biasanya lebih besar dari jantan dan berbentuk bulat. Juga mempunyai gigi.

Kandang : Minimum 10-gallon aquarium, dan perlu penutup.

Suhu: 22° to 27° Celcius

Cahaya: Pacman memerlukan pencahayan 9 – 12 jam, lebih dari itu menyebabkan mereka tidak mau makan, lampu neon lebih disarankan dalam penggunaan karena lampu pijar membuat kulit mereka kering.

Alas: Kandang bisa diberi alas gravel, atau Rumpun sphagnum moss dan tanaman hidup. Pacman adalah binatang yang sangat sensitif jadi sebelum anda membeli aksesories pastikan bahwa product yang and beli sudah memenuhi standard untuk reptile.

Lingkungan: Sediakan tempat air yang cukup lebar, karena pacman sanagt menyukai berendam didalamnya sepanjang waktu. Sediakan tempat persembunyian agar pacman merasa nyaman. Sangat diperlukan kelembaban yang tinggi diperlukan penyemprotan setiap hari.

Pemberian makan: Jangkrik, Ikan dan anak tikus adalah makanan yang bisa diberikan. Pacman kecil bisa diberi makan setiap 2 – 3 hari sekali, Pacman dewasa bisa diberi makan sekali seminggu kemudian tiap 10 s/d 14 hari sekali. Makanan yang diberikan tidak lebih besar dari separuh badannya. Tambahkan vitamin dan calcium setiap seminggu sekali kepada pacman yang masih kecil, dan 3 -4 minggu sekali apabila sudah dewasa. Dalam pemberian makan jangkrik, tikus bisa ditaruh pada tempat kecil, apabila memberi dengan ikan taruhlah di tempat air nya dan masih hidup. Jangan pernah memberikan makan kepada pacman dengan tangan langsung karena dia akan menggigit.

Perawatan: bersihkan secar berkala kandang dari sisa makanan, seperti jangkrik atau tikus. Gantilah air setiap hari apabila sudah keruh.

KADAL BERDURI

Kadal berduri dari South Africa
Sangat..sangat langka….
Jarang ada di pasaran Indonesia
Jika anda adalah hobiest yang juga pebisnis
pilihan untuk breeding sekelompok Sungazer
mungkin bisa menjadi salah satu pilihan…


YELLOW SPOTTED AMAZON

Podocnemis unifilis
Yellow-spotted Amazon River Turtle
Jenis kura-kura ini termasuk sangat langka…
berasal dari america selatan bagian utara..
Bentuk, warna dan ukurannya yang unik menjadikannya salah satu pilihan sebagai
hewan peliharaan pets yang sangat digemari…
Jarang ada di pasaran Indonesia utk jenis kura-kura ini.
Dengan batok yang berwarna gelap dan kepala ada warna kuning-orange.
Ukuran dewasa bisa mencapai sekitar 40 - 60 cm
Jadikan kura-kura ini sebagai salah satu koleksi anda…
buruan,……!!!



Kami akan mengupdate terus koleksi2 terbaru kami

Apabila anda tertarik dengan koleksi kami

hubungi kami di :

  • Email : AnimalZoo97@yahoo.com
  • Yahoo messenger : AnimalZoo97
  • Homepage : www.Animalzoo-animalzoo.blogspot.com

Sertakan Alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi

Kami akan menghubungi anda !!



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar